Langsung ke konten utama

TUGAS PENGANTAR BISNIS ( SOFTSKILL) 1

PERKEMBANGAN BISNIS FASHION
BUSANA MUSLIM DI INDONESIA
           
            Kita semua sering mendengar kata fashion, tapi kita sendiri tidak tahu apa sebenarnya pengertian dari fashion itu sendiri. Fashion berasal dari bahasa inggris, yang artinya cara, kebiasaan, atau mode. Menurut saya sendiri, fashion adalah busana yang menentukan penampilan seseorang dalam suatu acara tertentu, sehingga terlihat berbeda dari sebelumnya. Perkembangan fashion tidak lepas dari pengaruh informasi. Karena informasi merupakan sarana seseorang untuk bisa mengetahui lebih jelas tentang fashion.
            Kebaya, songket, batik bisa dipakai menjadi bahan baku yang tidak kalah dengan bahan-bahan dari luar, bukan? Bukankah desainer lokal maksudnya Indonesia, juga telah berusaha memperlihatkan karyanya di ajang ini? Semua ini tentu berpulang pada pihak tersebut, para desainer, pelaku mode, dan banyak lagi. Seperti halnya ajang fashion show dimana saat peragaan busana tersebut, para desainer Indonesia begitu sangat antusiasnya dalam menunjukkan hasil karyanya. Fashion show adalah sebuah pentas seni fashion dari perkembangan dunia fashion di Indonesia. Kegiatan ini menghadirkan perkembangan fashion, bisnis, dan pendidikan yang terbaru dari industri fashion dan tekstil khususnya di Indonesia. Kegiatannya meliputi pameran, seminar, dan fashion show. Biasanya pameran fashion akan memperlihatkan produk garmennya, tekstil dan aksesori yang fashionable dan berkualitas. Peragaan busana para desainer di Indonesia, menampilkan koleksi gaun malam, busana muslim dan busana etnik Indonesia.
            Tetapi, lima tahun terakhir ini, perkembangan busana muslim di Indonesia mengalami peningkatan yang luar biasa.Hal ini disebabkan oleh adanya kesadaran masyarakat muslim akan kewajibannya menutup aurat. Peran dari para tokoh agama, ustadz/ustadzah yang menyiarkan kewajiban menutup aurat dari mulai tingkat sekolah dasar hingga perguruan tinggi juga majelis-majelis ilmu yang tersebar sampai ke pelosok sangat berpengaruh terhadap perkembangan busana muslim. Pada gilirannya pelaku usaha bidang fashion menangkap peluang akan kebutuhan masyarakat terhadap busana yang menutup aurat dari mulai ujung kepala hingga kaki. Mulai dari designer papan atas hingga pedagang di pasar  tradisional berlomba-lomba menarik konsumen yang memang tumbuh dari semua strata ekonomi.
Gelombang reaksi terhadap busana muslim ini menjadi suatu bisnis yang menjanjikan, sehingga semakin hari semakin meningkat. Efek yang ditimbulkan pun lumayan berdampak pada sektor lain, seperti industri hulu ke hilir dari mulai serat, tekstil hingga produk pelengkapnya seperti aksesories. Indonesia yang penduduk muslimnya terbesar di dunia , sangat bisa mengandalkan produk fashion muslim ini menjadi komoditas yang bisa mengangkat ekonomi masyarakat. Dulunya, perkembangan busana muslim ini diproduksi oleh pengusaha-pengusaha kecil dan menengah yang berbasis usaha padat karya. Tetapi seiring dengan perkembangan zaman dn didukung oleh teknologi informasi yang semakin canggih, bisnis fashion busana muslim ini pun mulai di produksi di internet. Sekarang banyak produsen yang mempromosikan busana muslimnya dalam bisnis online busana muslim.
Dengan adanya bisnis online busana muslim ini, seiring dengan berjalannya waktu, peminatnya semakin banyak. Perancang busana muslim bermunculan untuk memenuhi permintaan masyarakat. Kerudung mengalami perubahan citra, dari yang dianggap tradisional menjadi modern.  Pemakaian kerudung dan busana muslim mulai merata di seluruh Indonesia pada tahun 2000-an, wanita yang mengenakannya bisa ditemukan dimana-mana dan tak lagi dibatasi oleh status sosial politik serta usia. Seiring berjalannya waktu kerudung sudah menjadi budaya sosial masyarakat muslim Indonesia. Tidak lagi hanya sekedar identitas religi namun juga identitas dalam lingkungan yang mempengaruhi sisi psikologisnya. Fenomena busana muslim menunjukkan perluasan nilai-nilai Islam dalam berbusana. Baik dalam bentuk kesadaran dari diri sendiri secara religius ataupun pengaruh pergaulan lingkungannya, tidak dapat dipungkiri bahwa busana muslim telah menjadi bagian dari budaya sosial masyarakat Indonesia.
Indonesia berpotensi bisa menjadi sumber inspirasi busana muslim bagi warga dunia, terlihat dari hasil karya para desainer busana muslim Indonesia. Busana muslim semakin variatif dan inovatif meski belum sepenuhnya terangkat di panggung fashion lokal maupun internasional. Dalam dunia internasional, Kementrian Perindustrian RI (Paras/Indri, 2012) mencatat nilai transaksi sektoral busana muslim telah mencapai US$96 miliar atau setara Rp 820,99 triliun dengan Malaysia, Turki, Brunei Darussalam, Uni Emirat Arab dan negara-negara di Timur Tengah sebagai importir terbesar. Tidak hanya desainer busana muslim yang kaya ide, perempuan muslim juga telah berani memadu-madankan busana dan berkreasi menyesuaikan pemakaian secara muslim. Wanita muslim tampil cantik dengan mematuhi syarat dan aturan sesuai keyakinannya, karena itulah desainer perlu memahami kebutuhan mereka untuk tampil cantik.

Baru-baru ini diadakan Jakarta Fashion Week (JFW), bertempat di Senayan City, Jakarta. Dalam konferensi pers yang diselenggarakan di Canteen Plaza Indonesia, Rabu (24/7) dijelaskan oleh Diaz Prarzada selaku Creative Director JFW, bahwa salah satu kategori yang akan ditampilkan di panggung JFW 2013 adalah busana muslim. Busana muslim memberikan kontribusi besar terhadap perkembangan industri mode Indonesia, karena memiliki konsumen yang besar, baik di Indonesia sendiri, maupun di mancanegara. Pada tahun 2014, Indonesia diharapkan dapat menjadi pusat busana muslim di Asia, dan pada 2025 sebagai kiblat busana muslim dunia. Pemerintah juga menargetkan ekspor produk busana muslim Indonesia dapat mencapai 7% pada 2025.
JFW yang selama ini telah dikenal sebagai salah satu referensi utama busana muslim global juga terus meningkatkan kualitas para desainer busana muslim agar siap bersaing di pasar internasional. JFW percaya bahwa pengembangan kapasitas desainer adalah salah satu kunci penting. Karena itu, sejak tahun lalu JFW telah menyelenggarakan program pengembangan kapasitas desainer muda dalam Indonesia Fashion Forward. Pada tahun lalu desainer muda berbakat Dian Pelangi mewakili kategori busana muslim. Dengan perkembangan industri busana muslim yang terus bertambah, Indonesia Fashion Forward kali ini melibatkan juga dua label muslim, yaitu Nur Zahra dan Jenahara.
            Selain mengembangkan program Indonesia Fashion Forward 2013, JFW 2014 juga akan membuka Buyers Room yang diadakan tiga hari sebelum pembukaan JFW, yaitu tepatnya pada gelaran Indonesia Trade Expo yang diselenggarakan oleh Kementerian Perdagangan RI di JIExpo Kemayoran 16-20 Oktober 2013. Dengan tema “Trade with Remarkable Indonesia”, lebih dari 10 ribu buyer asing dan 25 ribu buyer domestik diprediksi akan menghadiri acara ini. Para buyer ini tentunya nanti diharapkan bisa bertemu langsung dengan para desainer Indonesia di Buyers Room JFW 2014.

            Jadi, Maraknya bisnis toko online yang ada di internet seolah menjadi bukti nyata bahwa ranah online memang ladang uang yang cukup menjanjikan bagi para pedagang. Karena mereka bisa menjual barang apa saja yang sedang diminati pasar. Salah satu contoh adalah membludaknya toko online yang menjual perlengkapan hijab atau aneka macam jilbab dari model lokal hingga timur tengah. Trend atribut muslim memang tengah menjamur di Indonesia, dan ini merupakan kesempatan emas bagi para pe-Bisnis internet toko online. Bukan tanpa alasan memang, mengingat jumlah muslim di Indonesia sangat besar sekali maka toko online khusus atribut muslim pun kian membidik peluang ini. Selain Indonesia berpenduduk muslim terbesar di dunia, tingginya jumlah pengguna internet dari kaum muslim juga turut menjadikan peluang bisnis internet syariah ini. Baik jilbab, busana muslim berbagai usia, mukena dan atribut muslim lainnya, kini memang tengah banyak dijual lewat media toko online maupun via jejaring sosial. Ini tentunya menjadi moment penting bagi para umat muslim untuk membidik bisnis toko online busana muslim.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

TUGAS 3 - BAHASA INDONESIA 2

Akuntansi sebagai Pembekalan Strategis untuk Kinerja Perusahaan Akuntansi merupakan cabang ilmu ekonomi yang sangat pesat perkembangannya disemua sektor baik swasta maupun publik. Akuntansi merupakan sistem informasi pencatatan yang output nya akan digunakan untuk kepentingan pihak internalu maupun eksternal. Pada umumnya Output ini dapat berupa laporan laba rugi, laporan arus kas, laporan perubahan modal, dan neraca. Keempat laporan keuangan ini tidak dapat dipisahkan. Jika perusahaan bisa kita analogikan seperti pohon, maka daun,batang, buah, dan akar merupakan keempat laporan keuangan tersebut. Dari laporan keuangan kita dapat menganalisis kinerja sebuah perusahaan, apakah perusahaan memiliki kinerja yang baik atau tidak. Jika didalam laporan laba rugi, perusahaan menghasilkan laba lebih tinggi dari tahun sebelumnya, maka perusahaan tersebut dapat dikatakan baik. Dengan akuntansi, dapat memudahkan kita untuk menganalisis kinerja suatu perusahaan, dan dengan bantuan seorang audit...

TUGAS SOFTSKILL 1 - ASPEK HUKUM DALAM EKONOMI

Aspek Hukum dalam Ekonomi Menurut Aristoteles, manusia adalah makhluk sosial ( zoon politicon ), dimana manusia ini akan sama-sama hidup dengan manusia lainnya, sehingga akan terbentuklah masyarakat. Pendorong manusia untuk hidup bermasyarakat diantarnya adalah hasrat untuk memenuhi kebutuhan makan dan minum, hasrat untuk membela diri, hasrat untuk mengadakan keturunan, dll. Oleh karena itu, masyarakat tertarik oleh orang lain, memiliki kesukaan yang sama, memerlukan kekuatan dan bantuan orang lain, mempunyai hubungan daerah dengan orang lain serta mempunyai hubungan kerja dengan orang lain. Manusia mempunyai sifat, watak, kehendak, keperluan sendiri, sehingga dapat mnimbulkan perselisihan, pertikaian, bahkan perang. Oleh karena itu agar masyarakat teratur, masyarakat harus memperhatikan kaedah, norma, dan peraturan yang ada. Siapa saja dengan sengaja melanggar aturan tersebut, akan dikenakan sanksi/hukuman. Hukum merupakan keseluruhan peraturan yang bersifat memaksa un...

TUGAS 1 - BAHASA INDONESIA 2

1.Jelaskan dengan contoh “Penggunaan Bahasa Indonesia yang secara baik dan benar”! 2.Berikanlah contoh fungsi bahasa sebagai alat komunikasi ! Jawab 1.Bahasa Indonesia ialah bahasa yang terpenting di kawasan republik kita. Pentingnya peranan bahasa itu antara lain bersumber pada ikrar ketiga sumpah pemuda 1928 yang berbunyi: “ Kami poetra poetri Indonesia mendjoeng-djoeng bahasa persatoean, bahasa indonesia” dan pada Undang-Undang Dasar 1945 kita yang didalamnya tercantum pasal khusus yang menyatakan bahwa “bahasa Negara ialah bahasa indonesia”. Penting dan tidaknya penggunaan bahasa indonesia dengan baik dan benar juga dapat didasari patokan seperti jumlah penutur, luas penyebaran, dan peranannya sebagai sarana ilmu, seni sastra, dan pengungkap budaya. Penggunaan bahasa indonesia yang baik dan benar, memiliki dua arti yang berbeda. Jika kita membahas tentang penggunaan bahasa indonesia yang baik, maka bahasa indonesia harus sesuai dengan sasaran kepada siapa bahasa tersebut d...